Beranda » SULTAN » POLOS » KAIN FORMAL JETBLACK SULTAN

KAIN FORMAL JETBLACK SULTAN

APA ITU FORMAL JETBLACK (FORMAL BLACK)?

Formal Black (Formal JetBlack) nama deepening agent atau zat yang digunakan untuk menggelapkan warna hitam sehingga kehitamannya mencapai titik maksimal (paling pekat). Kain dengan warna hitam jetblack (celupan pertama) harus diberikan proses tambahan terlebih dahulu sebelum menjadi kain berwarna hitam pekat, yaitu dengan mencelupkan kain hitam tersebut (sebagai dasar) kedalam zat formal jetblack ini sebanyak 2 kali celup.

APA ITU KAIN FORMAL JET BLACK (FORMAL BLACK)?

Bahan formal black atau bahan  formal jetblack adalah kain yang paling hitam, dihasilkan setelah kain berwarna hitam mendapatkan proses tambahan. Proses tambahannya yaitu kain dilalui ke dalam celupan zat penggelap/ deepening agent formal black (formal jet black) sebanyak dua kali hingga warnanya sangat gelap. Itu sebabnya proses produksi kain formal jetblack lebih lama daripada kain warna lainnya. Karena setelah dicelup warna hitam (jet black), kain tersebut harus dicelup 2x lagi dengan zat penggelap (formal jet black).

CIRI-CIRI DAN PERBEDAAN BAHAN JETBLACK DAN FORMAL JET BLACK

  • Warna jetblack ini bisa diaplikasian/ dicelup ke jenis kain apapupun sebagai bahan dasarnya. Sedangkan, zat warna hitam pekat formal jetblack (formal black) tidak dapat diaplikasin ke semua jenis kain. Melainkan hanya dapat dicelup pada jenis kain tertentu saja sebagai bahan dasarnya.
  • Proses produksi kain warna hitam biasa (jetblack/ normal black) lebih singkat dan lebih sederhana. Prosesnya (hanya 1kali celup warna hitam) sedangkan kain formal black (formal jet black) hingga 3kali celup.
  • Harga jual kain formal jetblack (formal black) lebih tinggi dibandingkan harga jual kain jetblack (normal black). Dikarenakan teknologi yang digunakan untuk memproduksi kain formal jetblack (formal black) lebih canggih, melibatkan zat kimia lebih banyak dan lebih mahal, kualitas benang sangat baik, proses produksi lebih rumit, effort lebih besar, biaya operasional pengolahan limbah lebih tinggi, dan masih banyak penyebab aspek teknis lainnya.
  • Bahan dengan celupan zat Formal Black (Formal JetBlack) memiliki kehitaman yang optimal. Jika dibandingkan dengan kain formal jetblack, maka warna hitam jet black nempak kelabu (greyish).
  • Kain formal jetblack (formal black) memiliki tampilan yang lebih mewah karena warna hitamnya sangat gelap, ideal digunakan untuk acara penting/ resmi (formal). Namun, karena dicelup hingga 3x (pewarnaan sangat kuat) maka penyerapan zat warna kain formal jetblack lebih banyak daripada kain yang dicelup hanya 1x sehingga mungkin menyebabkan tekstur terasa berbeda. Itu sebabnya kain formal jetblack (formal black) tidak selemas kain dengan celupan warna regular (toleransi variasi berat normalnya ±5%). Formal black (formal jet black) adalah pewarnaan yang sangat kuat maka sangat disarankan agar konsumen melakukan prewash terlebih dahulu untuk menghilangkan residu zat lapisan warna yang masih tertinggal (warna yang lepas saat pencucian bukanlah bagian dari kain yang harus dipertahankan) yang dapat menyebabkan tekstur kain menjadi lebih keras/ kasar (risih) saat diraba. Umumnya tekstur kain formal jetblack (formal black) menjadi semakin lemes, halus, dan lembut setelah dilakukan pencucian beberapa kali hingga lapisan warna residu terbuang sempurna.

JENIS BAHAN FORMAL BLACK (FORMAL JET BLACK)

Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa jet black adalah nama jenis warna yaitu shade hitam jet black (reguler/ normal) dan formal  jetblack merupakan chemical yang membuat warna hitam tersebut menjadi sangat pekat. Oleh karena itu, pada suatu jenis kain yang terdapat warna formal black (hitam pekat)-nya, maka dapat pula diproduksi varian warna lain.

Kain yang diproduksi oleh Sultan, satu jenis (merk) kain ada hitam pekat formal jet black dan ada varian warna lainnya. Contoh: Kain merek Soft Lexus ada formal jet black, midnight blue, cocoa, rose taupe, netral white; kain merek Fursan Silk ada formal jet black, dark navy, military olive, dark plum, dll.

JENIS KAIN FORMAL BLACK/ FORMAL JETBLACK PRODUKSI SULTAN

Warna hitam pekat formal jetblack (3 kali celup) dapat ditemukan di beberapa jenis kain Sultan, diantaranya merk:

SULTAN
No. Warna Merek Harga Info
1. Formal Black EXO Bonanza Rp. 47.000/ meter Klik disini
2. Formal Black Fursan Silk Rp. 60.000/ meter Klik disini
3. Formal Black Galaxy Nida Rp. 75.000/ meter Klik disini
4. Formal Black Soft Lexus Rp. 58.000/ meter Klik disini
5. Formal Black Sifon Arabeschi Rp. 42.000/ meter Klik disini
6. Formal Black Ogura Rp. 60.000/ meter Klik disini

Kain EXO Bonanza, Fursan, Silk, Galaxy Nida, Soft Lexus, dan Ogura selain tersedia hitam pekat formal jetblack, juga ada varian warna lainnya.

JENIS KAIN JETBLACK PRODUKSI SULTAN

Warna hitam jetblack (hitam normal/ reguler 1 kali celup) dapat ditemukan di beberapa jenis kain Sultan, diantaranya:

SULTAN
No. Warna Merek Harga Info
1. Black (Jet Black) Cashmiri Rp. 60.000/ meter Klik disini
2. Black (Jet Black) Marzan Anti UV Rp. 62.000/ meter Klik disini
3. Black (Jet Black) Mina ANTI UV Rp. 70.000/ meter Klik disini
4. Black (Jet Black) Ruby Rp. 37.000/ meter Klik disini

Kain anti UV Marzan dan Mina selain tersedia warna hitam jetblack, juga ada varian warna lainnya.

Kain anti UV brand Sultan, tidak tersedia hitam pekat formal black melainkan warna hitam biasa/ regular 1x celup (normal blackness/ jet black) karena kain anti UV Sultan diproduksi menggunakan benang anti UV yang mengandung TiO2 dan bersifat full dull sehingga proteksi anti UV-nya bersifat permanen. Oleh karena itu, warna maksimal yang dihasilkan pada kain anti UV adalah di kehitaman normal (biasa) meski pun dicelup 3x dengan formal black (formal jet black).

Silahkan  klik disini untuk konsultasi seputar produk dan info pemesanan dengan produsen kain sultan.

KAIN FORMAL JETBLACK SULTAN | KAINABAYA

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.