Beranda » BAHAN THOBE

BAHAN THOBE

Thobe atau ditulis tobe berasal dari bahasa Arabicثَوبthawb juga dikenal sebagai qamees (dalam bahasa Arab artinya kemeja) merupakan pakaian Arab pria syari yang longgar, tidak transparan, tidak membentuk lekuk tubuh, dan panjang hingga diatas mata kaki (tidak isbal), biasanya berlengan panjangPakaian ini umum dikenakan di Jazirah Arab, Irak, Iran, Pakistan, dan negara-negara Arab tetangga, dan beberapa negara di Afrika Timur dan Barat.  (sumber wikipedia)

Bahan Thobe biasanya terbuat dari filament polyester, spun polyester, cotton polyester (campuran natural cotton dan synthetic polyester), sangat ideal untuk daerah beriklim panas/ tropis. Anda dapat mencoba kain impor Royal HMT, Prince Haramain, dan Al Asiil merek original dari Emirates Textile, merupakan jenis-jenis bahan polyester thobe yang umumnya digunakan untuk membuat jubah/ gamis pria Arab.

Selain itu, bahan yang lebih berat seperti wol domba juga biasa digunakan untuk thobe terutama saat iklim yang dingin atau didaerah yang lebih dingin seperti di Irak dan Suriah.

Arabian Thobe. Credit pict: Click here

Thobe memiliki arti yang sama dengan Jalabiyyah (jubbah) di Mesir, Sudan, dan Libya. Sedangkan di Somalia and Djibouti (Afrika) pakaian pria semacam ini dikenal dengan sebutan Khamiis. Di Pakistan pakaian ini dikenal sebagai Kameez yang juga merupakan pakaian nasional/ budaya. Kemudian celana lebar atau “sirwal” dikenakan sebagai pasangannya.

Pakistan Kameez. Credit pict: Click here

Pakaian pria dengan model seperti kameez dimana panjang pakaian hingga lutut atau 2cm dibawah lutut disebut Kurta. Kurta adalah bentuk modifikasi dari Kameez sehingga biasanya model kurta desainnya lebih bervariasi.

Men Kurta. Credit pict: Click here.

Umumya thobe memiliki lengan dan kerah yang tegap untuk memberi kesan lebih formal. Namun, gaya thobe saat ini sangat bervariasi.  Di Souraqia (Syria) dan Oman, thobe disebut dishdasha; Di UAE, disebut kandura.

UAE Kandura. Credit pict: Click here

Di Maroko, lengan baju cenderung jauh lebih pendek sehingga tampak lebih seperti kaos panjang dan disebut gandora. Leher juga cenderung lebih terbuka daripada model thobe di Saudi karena tanpa kerah tegap, memiliki kantong dan dekoratif yang khas berupa sulaman (bordir). Maroko gandora mirip dengan kaftan (men caftan) atau tunik (men tunic).

Moroccan Gandora. Credict pict: Click here

Sedangkan djellaba/ jillaba merupakan jubah longgar berlengan panjang dengan tudung kepala (hoodie) yang berfungsi seperti mantel. Djellaba biasa dikenakan oleh pria terutama di Afrika Utara dan Timur Tengah. Umumnya djellaba berbahan wool dan digunakan saat musim dingin. Namun mengikuti perubahan trend fashion, kini style djellaba lebih variatif misal berlengan pendek dan terbuat dari bahan lain yang lebih tipis, seperti kapas, 100% polyester, atau cotton polyester untuk dipakai pada musim panas.

Djellaba atau jillaba. Credict pict: Click here

BAHAN KOKO (KEMKO)

Baju koko merupakan jenis busana yang sangat identik dengan pakaian pria muslim di Indonesia. Baju koko ini memiliki ciri khas di bagian kerah, bentuk kerah shanghai, berlengan panjang maupun berlengan pendek, dan panjangnya hingga setinggi paha. Baju muslim pria ini bisa dikenakan bersama celana panjang/ sirwal maupun sarung sebagai bawahan. Baju koko ini pada umumnya dipakai oleh pria muslim untuk acara penting maupun keagamaan (peribadahan), seperti shalat ke masjid, Hari Raya Lebaran, acara pernikahan, maupun kajian ilmiah.

Kemko by Nuka menggunakan kain Soft Lexus EMBOS dengan motif batik parangkusumo. Credit pict: Click here.

Seiring dengan perubahan trend fashion dan tekstil, baju koko yang mulanya kerap dominan menggunakan hiasan dekoratif berupa bordir pada bagian kerah dan dada, kini hadir dengan desain yang lebih minimalis dan keren menggunakan jenis bahan yang variatif (100% polyester, linen looks, cotton polyester, 100% cotton) dan kain tekstil bermotif (kain embos merk Sultan). Selain itu, style kerahnya pun bermacam-macam dengan model kancing yang berbeda sehingga terkesan lebih fashionable.

Kain tekstil embos bermotif yang menjadi trend fashion koko/ thobe di Indonesia saat ini.

Kain embos merek Sultan sangat bervariasi, baik dari motif maupun jenis kain dasarnya, sebagai contoh, untuk merek/ jenis kain Soft Lexus ada motif embos batik parangkusumo, motif embos ethnic, motif embos puzzle maze, motif embos mini mega mendung, motif embos batik satriyo, motif embos glitter, motif embos argyle, motif embos camo, motif linen looks, motif shuriken, motif neuron, motif marble, dan lain-lain. Motif tersebut tidak hanya ada di kain Soft Lexus, tetapi juga ada di merek/ jenis kain Sultan lainnya seperti EXO Bonanza, Fursan Silk, dan lainnya.

1. Kain Sultan merek/ jenis kain Soft Lexus Embos motif Batik Parangkusumo

Motif embos batik parangkusumo yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna dark mustard sebagai bahan dasarnya.

Motif embos batik parangkusumo yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna military olive sebagai bahan dasarnya.

Motif embos batik parangkusumo yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna modnight blue sebagai bahan dasarnya.

Motif embos batik parangkusumo yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna fudge brownie sebagai bahan dasarnya.

Motif embos batik parangkusumo yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna folkstone gray sebagai bahan dasarnya.

Motif embos batik parangkusumo juga diproduksi di kain Soft Lexus warna lainnya selain contoh gambar yang diatas dan diproduksi di merk dan jenis kain Sultan lainnya yaitu kain Ruby, kain Ogura, kain EXO Bonanza, kain Fursan Silk, seperti contoh dibawah ini:

2. Kain Sultan merek/ jenis kain Soft Lexus Embos motif Ethnic

Motif embos ethnic yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna folkstone gray sebagai bahan dasarnya.

Motif embos ethnic yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna midnight blue sebagai bahan dasarnya.

Motif embos ethnic yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna quail sebagai bahan dasarnya.

Motif embos ethnic yang diproduksi di kain SOFT LEXUS warna tawny maroon sebagai bahan dasarnya.

Motif embos ethnic juga diproduksi di kain Soft Lexus warna lainnya selain contoh gambar yang diatas dan diproduksi di merk dan jenis kain Sultan lainnya yaitu kain Ruby, kain Ogura, kain EXO Bonanza, kain Fursan Silk, seperti contoh dibawah ini:

Info selengkapnya mengenai kain embos Sultan, silahkan lihat disini.

Perubahan trend fashion mempengaruhi style berbusana, yang mulanya baju koko hanya digunakan pada momen tertentu, di era terkini tak hanya digunakan pada acara formal dan peribadahan saja, melainkan juga digunakan sebagai busana santai sehari-hari (daily wear).

Busana pria muslim dengan model seperti koko (modern) yang telah dimodifikasi disebut juga kemko, singkatan dari kemeja koko.

Kemko berbahan Osaka Linen by Banana Hijab Credit pict: Click here. Selengkapnya klik disini

Kami memproduksi beberapa jenis bahan thobe/ thawb/ tobe/ tsoub/ gamis/ jubah pria/ bahan koko/ gondora/ kandura/ kameez/ dishdaha/ kaftan/ tunik, dan djellaba impor merk Emirates dan manufaktur Indonesia merk Sultan.

Jenis Bahan Koko (Kemko) dan Kain Thobe Polyester Produksi Sultan, merk:

  1. Arabian Men Thobe, selengkapnya klik disini
  2. Cashmiri, selengkapnya klik disini
  3. EXO Bonanza, selengkapnya klik disini
  4. Mina ANTI UV, selengkapnya klik disini
  5. Ogura, selengkapnya klik disini
  6. Osaka Linen Looks, selengkapnya klik disini
  7. Ruby, selengkapnya klik disini
  8. Soft Lexus, selengkapnya klik disini

Jenis Bahan Koko (Kemko) dan Kain Thobe Polyester Impor Produksi Emirates, merk:

  1. NEW! Al Asiil, selengkapnya klik disini
  2. NEW! Prince Haramain, selengkapnya klik disini
  3. Royal HMT (Haramain Men Thobe), selengkapnya klik disini

BAHAN THOBE | KAINABAYA

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.