Beranda » INFO » DEFINISI KAIN JETBLACK

DEFINISI KAIN JETBLACK

APA ITU JET BLACK?

Jet Black merupakan salah satu nama warna di buku kamus warna PANTONE® untuk shade warna hitam dengan JET BLACK kode 19-0303 TPG. Variasi warna hitam lainnya dengan berbagai arahan warna hitam yang berbeda, diantaranya: Tap shoe kode 19-4004, Phantom kode 19-4205 TPG, Strech lime kode 19-4005 TPG, Monless night kode 19-4203 TPG, Caviar kode 19-4006 TPG, Pirate Black 19-4305 TPG (cek slide foto). Itu artinya warna jet black bukanlah warna hitam pekat, melainkan hitam biasa (normal).

Kehitaman warna jet black dan warna hitam normal dari acuan lainnya diperoleh hanya dengan 1x celup. Metodenya sama seperti saat mencelup warna reguler lainnya (hanya 1x celup juga), seperti warna merah, biru, hijau, coklat, dll.

Warna hitam biasa (normal) ini juga dapat diproduksi tanpa menggunakan kode PANTONE® sebagai acuannya, misal dengan menggunakan katalog warna-warna hitam yang sudah dimiliki oleh pabrik atau hasil modifikasi sendiri.

 APA ITU KAIN JET BLACK?

Kain jetblack adalah kain yang memiliki warna hitam regular, acuan produksi dari PANTONE® dengan nama JET BLACK kode 19-0303 TPG. Kain dengan warna hitam normal/ biasa/ reguler, bukan warna hitam pekat karena kain jet black belum diberikan zat tambahan penggelap formal jet black (formal black) yang membuat kain menjadi lebih pekat.

Bahan Jet Black dihasilkan setelah melalui hanya 1 (satu) kali celupan warna sebagaimana warna reguler lainnya. Sedangkan bahan Formal Jet Black (Formal Black) diperoleh setelah bahan jet black/ hitam normal dicelup ke zat penggelap sebanyak 2 kali (total celupan 3 kali: warna hitam 1x celup dan formal black agent penggelap 2x celup). Itulah sebabnya kain Formal Jet Black (Formal Black) menjadi kain yang paling hitam pekat. Bahan jet black/ formal jetblack digunakan sebagai bahan gamis maupun abaya. Suplier/ toko bahan/ vendor yang menjual kain jet black/ formal jetblack, salah satu diantaranya adalah SULTAN.

APA ITU FORMAL BLACK (FORMAL JET BLACK)?

Formal Black (Formal JetBlack) nama deepening agent atau zat yang digunakan untuk menggelapkan warna hitam sehingga kehitamannya mencapai titik maksimal (paling pekat). Kain dengan warna hitam jetblack (celupan pertama) harus diberikan proses tambahan terlebih dahulu sebelum menjadi kain berwarna hitam pekat, yaitu dengan mencelupkan kain hitam tersebut (sebagai dasar) kedalam zat formal jetblack ini sebanyak 2 kali celup.

APA ITU KAIN FORMAL BLACK (FORMAL JET BLACK)?

Bahan formal black atau bahan  formal jetblack adalah kain yang paling hitam, dihasilkan setelah kain berwarna hitam mendapatkan proses tambahan. Proses tambahannya yaitu kain dilalui ke dalam celupan zat penggelap/ deepening agent formal black (formal jet black) sebanyak dua kali hingga warnanya sangat gelap. Itu sebabnya proses produksi kain formal jetblack lebih lama daripada kain warna lainnya. Karena setelah dicelup warna hitam (jet black), kain tersebut harus dicelup 2x lagi dengan zat penggelap (formal jet black).

  1. Tahap pertama, greige (bahan mentah) dicelup warna hitam. Dengan acuan yang dapat dipilih dari katalog warna hitam yang ada di pabrik. Dapat juga dari buku kamus warna PANTONE® dengan nama JET BLACK kode 19-0303 TPG atau kode warna hitam lainnya.
  2. Setelah dicelup 1kali sesuai acuan warna hitam yang diinginkan, pada Tahap Kedua barulah dilakukan proses tambahan. Proses tambahan ini bertujuan untuk menggelapkan kehitaman kain, dengan mencelupkan kain tersebut menggunakan chemical khusus formal black hingga 2 kali. Kain inilah yang nantinya disebut KAIN/ BAHAN FORMAL BLACK atau FORMAL JET BLACK.

Jadi, kurang tepat jika menggunakan istilah JET BLACK untuk menyebutkan jenis kain/ bahan dengan warna hitam pekat. Mestinya ada tambahan kata FORMAL didepannya.

Bahan Formal Black (Formal JetBlack) adalah bahan yang dihasilkan dari teknologi yang tinggi mulai dari proses bahan mentah (polimer), pemintalan, pengolahan benang, penenunan dan pencelupan, tidak sembarangan. Proses produksi kain formal black (formal jet black) memerlukan tahapan yang panjang dan lebih rumit. Berbeda dengan warna hitam biasa yang dapat dicelup di semua jenis kain, tidak semua jenis kain dapat dicelup kedalam formal black (formal jet black).

KEGUNAAN BAHAN FORMAL JET BLACK

Kain dengan kehitaman formal black (formal jet black) adalah kain yang hitamnya paling pekat sehingga mampu memberi kesan sangat mewah. Setiap jenis kain formal jet black memiliki tenun yang unik dan karakter yang khas, berbeda satu dengan lainnya.

Umumnya kain formal jet black dengan jenis yang bervariasi banyak dipasarkan di Jazirah Arab, Timur Tengah karena wanita muslimah disana secara luas menggunakan abaya terutama abaya berwarna hitam pekat dengan kain formal jet black.

Abaya dan FK (French Khimar) by Aljenna. Credit pict: Click here

Bahan formal jet black tak hanya digunakan sebagai kain untuk membuat gamis muslimah (abaya) namun juga untuk jilbab, kulot, dress, tunik, thobe, dan lain-lain. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan (musim dingin, panas, daily, kajian, pesta, dll) atau keinginan pemakainya.

CIRI-CIRI DAN PERBEDAAN BAHAN JETBLACK DAN FORMAL JETBLACK

Penting bagi pembeli untuk mengetahui karakteristik kedua bahan tersebut sehingga dapat menentukan pilihan dengan tepat.

Adapun perbedaan antara kain jet black dan formal jet black adalah sebagai berikut:

  • Warna jetblack ini bisa diaplikasian/ dicelup ke jenis kain apapupun sebagai bahan dasarnya. Sedangkan, zat warna hitam pekat formal jetblack (formal black) tidak dapat diaplikasin ke semua jenis kain. Melainkan hanya dapat dicelup pada jenis kain tertentu saja sebagai bahan dasarnya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh adanya perbedaan tingkat penyerapan warna, menetapnya (terikatnya) zat warna, konstruksi tenun, kekuatan, dan karakter benang.
  • Proses produksi kain warna hitam biasa (jetblack/ normal black) lebih singkat dan lebih sederhana. Prosesnya (hanya 1kali celup warna hitam) sedangkan kain formal black (formal jet black) hingga 3kali celup.
  • Harga jual kain formal jetblack (formal black) lebih tinggi dibandingkan harga jual kain jetblack (normal black). Dikarenakan teknologi yang digunakan untuk memproduksi kain formal jetblack (formal black) lebih canggih, melibatkan zat kimia lebih banyak dan lebih mahal, kualitas benang sangat baik, proses produksi lebih rumit, effort lebih besar, biaya operasional pengolahan limbah lebih tinggi, dan masih banyak penyebab aspek teknis lainnya.
  • Bahan dengan celupan zat Formal Black (Formal JetBlack) memiliki kehitaman yang optimal. Sebagai percobaan, jika satu jenis kain misal dipilih kain maliky sebagai bahan dasarnya: Maliky bahan A dicelup dengan zat formal black (formal jet black) dan Maliky bahan B dicelup dengan zat warna hitam normal/ biasa (pantone jet black/ black lainnya). Kemudian bila keduanya dibandingkan, maka kain formal jet black (formal black) akan nampak lebih gelap/ pekat kehitamannya dibandingkan kain jet black (normal black) yang nampak lebih kelabu (greyish). Kehitaman (kepekatan) setiap jenis kain akan berbeda tergantung tingkat penyerapan zat warna (jenis kain/ komposisi benang), karakter benang, kualitas material. Silahkan cek foto dibawah ini:

Kain maliky merupakan merk dagang original yang diproduksi dan dimiliki oleh kainabaya.com. Diimpor dibawah bendera/ vendor Emirates textile.

Foto diatas adalah kain maliky dengan celupan formal black (formal jet black) sedangkan foto bawah adalah maliky dengan celupan warna hitam biasa/ normal (jet black). Terlihat jelas bahwa maliky formal black (3x celup) lebih gelap kehitamannya daripada maliky jet black (hitam normal/ reguler 1x celup).

KAIN FORMAL JET BLACK YANG PALING PEKAT

Membandingkan tingkat kehitaman, harus dari jenis kain/ kualiti bahan yang sama karena berbeda jenis kain (kontruksi, karakter benang, chemical) maka berbeda pula tingkat penyerapannya. Namun jika diminta untuk membandingkannya, maka menurut pengalaman tokokainabaya.com, dari seluruh jenis kain yang pernah kami produksi (lokal dan impor): MALIKY ADALAH KAIN YANG PALING PEKAT KEHITAMANNYA, sedangkan tingkat kehitaman di jenis kain lainnya bersifat relatif tergantung hasil produksi.

Artinya, kehitaman bisa berbeda tergantung waktu produksinya, saat ini mungkin suatu quality bahan kehitamannya lebih gelap daripada produksi berikutnya atau sebaliknya. Industri tekstil memungkinkan adanya variasi warna menjadi lebih gelap/ lebih terang ±5% dari acuan produksi (kondisi normal), misal:
– Soft Lexus yang diproduksi tanggal 1 Januari 2021 (A) nampak lebih gelap daripada Soft Lexus yang diproduksi tanggal 20 Januari 2021 (B).
– EXO Bonanza yang diproduksi tanggal 5 Januari (C) nampak tidak segelap EXO Bonanza yang diproduksi tanggal 15 Januari 2021 (D).

Jika kita bandingkan quality dan jenis berbeda:
Bisa jadi Soft Lexus A dan EXO Bonanza D tingkat kehitamannya mirip/ sama yaitu sangat gelap, namun saat dibandingkan antara Soft Lexus B dan EXO Bonanza D, maka EXO Bonanza D lebih gelap, namun berbeda jika dibandingkan antara Soft Lexus A dan EXO Bonanza C, maka Soft Lexus A-lah yang lebih gelap.

Oleh karena itu, pastikan konsumen membeli bahan dengan No PO dan No Lot produksi yang sama dalam jumlah yang tepat.

Baca selengkapnya mengenai perbedaan dye lot disini.

  • Kain formal jetblack (formal black) memiliki tampilan yang lebih mewah karena warna hitamnya sangat gelap, ideal digunakan untuk acara penting/ resmi (formal). Namun, karena dicelup hingga 3x (pewarnaan sangat kuat) maka penyerapan zat warna kain formal jetblack lebih banyak daripada kain yang dicelup hanya 1x sehingga mungkin menyebabkan tekstur terasa berbeda. Itu sebabnya kain formal jetblack (formal black) tidak selemas kain dengan celupan warna regular (toleransi variasi berat normalnya ±5%). Formal black (formal jet black) adalah pewarnaan yang sangat kuat maka sangat disarankan agar konsumen melakukan prewash terlebih dahulu untuk menghilangkan residu zat lapisan warna yang masih tertinggal (warna yang lepas saat pencucian bukanlah bagian dari kain yang harus dipertahankan) yang dapat menyebabkan tekstur kain menjadi lebih keras/ kasar (risih) saat diraba. Umumnya tekstur kain formal jetblack (formal black) menjadi semakin lemes, halus, dan lembut setelah dilakukan pencucian beberapa kali hingga lapisan warna residu terbuang sempurna.

JENIS BAHAN FORMAL BLACK (FORMAL JET BLACK)

Istilah “jetblack” biasa dipakai untuk menyebut jenis kain wolfis/ woolpeach Formal Black (Formal Jet Black) karena tak sedikit suplier bahan memberi merek kainnya yang hitam pekat berbahan dasar woolpeach dengan nama “jet black” atau “super jetblack”. Nama itu biasa tersemat di gulungan kain rol menggunakan sablon emas sehingga banyak konsumen yang mengira merek itu sebagai jenis kain dan pada akhirnya menyebut kain tersebut dengan istilah kain jetblack. Jadi, adalah sebuah kekeliruan jika menyebut kain woolpeach formal jetblack dengan panggilan kain jetblack, karena jetblack adalah nama jenis warna hitam biasa dan warna tersebut bisa diaplikasikan ke banyak jenis kain sebagai bahan dasarnya. Saran kami kepada seluruh konsumen, harap teliti kembali jenis kain pada produk tekstil dengan warna formal jet black tersebut, sebab warna hitam pekat dapat dicelup tidak hanya di jenis kain woolpeach saja melainkan juga dapat dicelup di jenis kain lainnya.

Warna hitam  jenis kain Wolfis Formal Black/ Formal Jet Black (3x celup) ini lebih pekat kehitamannya dibanding wolfis dengan celupan warna hitam biasa (1x celup). Woolpeach merupakan jenis kain abaya yang lebih dulu famous di Indonesia, biasanya selalu ada demand ekspor ke Timur Tengah untuk kain woolpeach khususnya dengan celupan formal jetblack. Sehingga kain woolpeach formal jet black ini pun cukup mudah ditemukan dipasaran lokal dan banyak dipakai oleh produsen dan konveksi abaya. Perlu diketahui, bahwa tidak semua produk kain woolpeach dapat diproduksi warna hitam pekat (formal jetblack)-nya, karena selain harus menggunakan teknologi canggih dan kualitas air yang baik, hanya kain dengan benang berkualitas tinggi yang dapat dicelup formal jetblack.

Namun sesungguhnya, tidak hanya di jenis kain woolpeach saja, warna Formal Black (Formal Jet Black) ini juga dapat ditemukan di berbagai macam jenis kain lainnya sebagaimana yang diproduksi Sultan lainnya

Telah kita ketahui, bahwa jet black adalah nama jenis warna yaitu shade hitam jet black (reguler/ normal) dan formal  jetblack merupakan chemical yang membuat warna hitam tersebut menjadi sangat pekat. Oleh karena itu, pada suatu jenis kain yang terdapat warna formal black (hitam pekat)-nya, maka dapat pula diproduksi varian warna lain.

Kain yang diproduksi oleh Sultan, satu jenis (merk) kain ada hitam pekat formal jet black dan ada varian warna lainnya. Contoh: Kain merek Soft Lexus ada formal jet black, midnight blue, cocoa, rose taupe, netral white; kain merek Fursan Silk ada formal jet black, dark navy, military olive, dark plum, dll.

JENIS KAIN FORMAL BLACK/ FORMAL JETBLACK PRODUKSI SULTAN

Warna hitam pekat formal jetblack (3 kali celup) dapat ditemukan di beberapa jenis kain Sultan, diantaranya merek:

SULTAN
No. Warna Merek Harga Info
1. Formal Black EXO Bonanza Rp. 47.000/ meter Klik disini
2. Formal Black Fursan Silk Rp. 60.000/ meter Klik disini
3. Formal Black Galaxy Nida Rp. 75.000/ meter Klik disini
4. Formal Black Soft Lexus Rp. 58.000/ meter Klik disini
5. Formal Black Sifon Arabeschi Rp. 42.000/ meter Klik disini
6. Formal Black Ogura Rp. 60.000/ meter Klik disini

Kain EXO Bonanza, Fursan, Silk, Galaxy Nida, Soft Lexus, dan Ogura selain tersedia hitam pekat formal jetblack, juga ada varian warna lainnya.

JENIS KAIN JETBLACK PRODUKSI SULTAN

Warna hitam jetblack (hitam normal/ reguler 1 kali celup) dapat ditemukan di beberapa jenis kain Sultan, diantaranya merek:

SULTAN
No. Warna Merek Harga Info
1. Black (Jet Black) Cashmiri Rp. 60.000/ meter Klik disini
2. Black (Jet Black) Marzan Anti UV Rp. 62.000/ meter Klik disini
3. Black (Jet Black) Mina ANTI UV Rp. 70.000/ meter Klik disini
4. Black (Jet Black) Ruby Rp. 37.000/ meter Klik disini

Kain anti UV Marzan dan Mina selain tersedia warna hitam jetblack, juga ada varian warna lainnya.

Kain anti UV brand Sultan, tidak tersedia hitam pekat formal black melainkan warna hitam biasa/ regular 1x celup (normal blackness/ jet black) karena kain anti UV Sultan diproduksi menggunakan benang anti UV yang mengandung TiO2 dan bersifat full dull sehingga proteksi anti UV-nya bersifat permanen. Oleh karena itu, warna maksimal yang dihasilkan pada kain anti UV adalah di kehitaman normal (biasa) meski pun dicelup 3x dengan formal black (formal jet black).

JENIS KAIN FORMAL BLACK/ FORMAL JETBLACK PRODUKSI EMIRATES TEXTILE (IMPOR)

Formal Black (Formal Jet Black) di bahan Emirates Textile (kain abaya impor), diantaranya merk:

  1. Arabians Beauty, selengkapnya klik disini
  2. Coco Nida, selengkapnya klik disini
  3. Hareer Al Qatar, selengkapnya klik disini
  4. Maliky
  5. Imperial Lexus
  6. Premium Fursan
  7. Saudi Nida
  8. Silk Nida
  9. Arabian Chiffon Silk

 

JENIS KAIN JETBLACK PRODUKSI EMIRATES TEXTILE (IMPOR)

Kain warna hitam jetblack (regular black) di bahan Emirates Textile (kain abaya impor), diantaranya merek: 

  1. Prince Haramain
  2. Royal HMT
Kainabaya.com telah berpengalaman memproduksi/ menjadi supplier/ toko tekstil yang menjual berbagai jenis kain formal jet black manufaktur lokal merek SULTAN dan impor merek Emirates Textil sejak tahun 2016. Kami melayani ecer, grosir, maupun partai ribuan yard dan PO celup warna.

Meskipun proses produksi kain formal black/ formal jet black melibatkan banyak zat kimia, namun konsumen tidak perlu kuatir karena kain yang kami produksi alhamdulillah telah teruji STANDARD 100 by OEKO-TEX® bebas dari zat-zat berbahaya sehingga aman bagi kesehatan.

Silahkan  klik disini untuk konsultasi seputar produk dan info pemesanan dengan produsen kain sultan.

DEFINISI KAIN JETBLACK | KAINABAYA

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.