Beranda » Produk

Produk

Pict taken from here

Apakah Anda sudah mengenal istilah “ABAYA“?

DEFINISI
Abaya adalah pakaian luar yang dikenakan oleh wanita di beberapa bagian Timur Tengah, khususnya Arab Saudi dan kawasan Teluk Arab. Ciri khas abaya adalah lengan panjang dan longgar, menghulur hingga kelantai/ panjang, dan tradisional hitam. Abaya biasanya dikenakan ketika seorang wanita keluar rumah dan didesain longgar untuk menyembunyikan lekuk tubuh. Abaya biasanya terbuka dibagian depan, dengan penutup berupa resleting, atau lapisan tumpang tindih seperti desain kimono/ cardigan.

Cardigan, kimono/ front open maxi abaya. Pict taken from here

Bagian lengan biasanya dibuat longgar dari bagian yang sama dengan bagian tubuh, tidak dijahit secara terpisah atau mungkin kini lebih dikenal dengan model kaftan. Abaya biasanya dipakai dengan shayla/ syal merupakain sehelai kain panjang sebagai penutup kepala (headscarf), kerudung yang menutupi wajah, atau niqab (cadar).

Dikutip dari wikipedia, Abaya atau lebih umum dikenal dengan sebutan “jubah” dalam bahasa sehari-hari, berasal dari bahasa Arab: عباية’abāyah, terutama di Sastra Arab: عباءة’abā’ah; plural عبايات’abāyāt, عباءات’abā’āt), kadang-kadang juga disebut aba, merupakan model pakaian yang sederhana, dengan potongan kain yang longgar, lebar, dan besar. Pada umumnya jubah/ abaya ini dikenakan oleh beberapa perempuan di bagian dunia Muslim termasuk di Afrika Utara dan Semenanjung Arab. Abaya tradisional berwarna hitam dan modelnya dari sebuah kain persegi yang lebar menghulur dari pundak atau kepala atau kaftan panjang menutupi seluruh tubuh kecuali kepala, kaki, dan telapak tangan. Abaya dapat dikenakan dengan niqab atau cadar yang menutupi seluruh bagian wajag kecuali mata. Beberapa wanita juga memakai sarung tangan hitam panjang, sehingga tangan mereka ditutupi juga. (sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Abaya).

Abaya berwarna navy blue dan abu-abu. Pict taken from here

STYLE FASHION ABAYA
Abaya hadir dalam 2 style utama, yaitu Abaya yang dapat dipakai dari bahu (seperti gamis umumnya) dan ada juga dari atas kepala (overhead abaya). Ciri khasnya bentuknya panjang dan longgar, lengan dan tangan longgar. Abaya tradisional desain tampak sederhana dan polos tanpa hiasan. Hitam masih merupakan warna dasar tradisional abaya dan paling umum ditemukan, tetapi abaya juga dapat ditemukan dalam warna lain seperti biru tua (navy), coklat, maroon, hijau, ungu, dan abu-abu. 

Abaya berwarna krem (nude), navy blue, maroon, dan ungu. Pict taken from here

Abaya ini tidak hanya dikenakan oleh  wanita “Emirati” (arab) saja tetapi juga oleh wanita di berbagai negara lainnya, tapi warna yang dipakai di negara-negara lain tersebut tidak terbatas pada warna hitam saja, sedangkan di Emirates hitam adalah warna utama,” tambah Al Quasimi. (sumber https://www.thegazelle.org/issue/16/features/abaya/)

Overhead abaya pict taken from here

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan perkembangan informasi dan tren berbusana dunia, maka trend fashion abaya pun ikut berkembang sehingga mudah menemukan abaya dengan bordir, hiasan berwarna, dan berbagai model. Ornamen hiasan/ dekorasi sering ditemukan di sepanjang lengan, sekeliling manset pergelangan tangan, garis leher pada bagian depan atau belakang. Manik-manik, stiches, batu kristal, payet, benang berwarna, pita, renda, dll digunakan untuk menambahkan daya tarik dan keindahan.

Pict taken from here

SEJARAH
Di Semenanjung Arab, perempuan telah mengenakan pakaian jenis abaya selama ratusan tahun. Meskipun hukum Islam bahwa Wanita WAJIB menutup auratnya dari lelaki selain mahromnya, namun abaya memiliki keunikan tersendiri di wilayah ini. Meskipun alasan untuk mengenakan abaya mungkin sedikit berbeda pada setiap wanita, namun biasanya motivasi yang paling menarik berasal dari campuran agama dan budaya. Ketika memakai abaya, wanita arab merasa terhubung dengan agama, budaya, dan etnis sebagai identitas diri. Dalam artian, ketika kita melihat orang lain mengenakan abaya, maka anda dapat mengidentifikasi mereka sebagai orang arab karena ada sesuatu kemiripan, yaitu sama-sama mengenakan abaya.

Pict taken from here

Abaya merupakan tradisi yang menjadi kebanggan dan budaya sangat dihormati. Di masa lalu, abaya terbuat dari wol atau sutra, dan memiliki satu ukuran besar saja. Dalam dua dekade terakhir, kain telah berkembang dari tenunan katun, sifon, linen, dan lain-lain. Ornamen pun sering ditambahkan, dan telah menjadi polemik, memicu perdebatan tentang kesopanan agama vs budaya “fashion” di wilayah Teluk Arab. Di Arab Saudi, semua wanita harus memakai abaya di depan umum sebagai aturan hukum yang berlaku.

Wanita Arab saudi adalah satu-satunya yang mengenakan abaya hitam tradisional di UAE karena dalam beberapa kasus, abaya hukumnya wajib dan dengan demikian harus diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Jika wanita tersebut ingin pergi keluar rumah ke tempat-tempat tertentu, maka harus memakai abaya, meskipun bukan penduduk tidak lokal atau seorang muslim, sehingga nampak berfungsi sebagai seragam. Misalnya, jika seorang wanita bekerja di kantor tertentu, maka ia harus memakai abaya (pakaian luar) setiap hari layaknya jas formal, sementara didalamnya sudah memakai jeans dan blouse. Jadi meskipun menggunakan pakaian luar yang serba tertutup, namun sebenarnya wanita disana mengenakan pakaian causal didalamnya yang bahkan sangat up to date dan fashionable. Hanya saja tidak boleh diperlihatkan kepada laki-laki selain suami dan mahromnya (yaitu misal selain: ayah, kakek, kakak/adik kandung laki-laki, paman).

Pict taken from here

Di Arab Saudi, model abaya yang dikenakan dan diperjual belikan umumnya sesuai syariat Islam yang berlaku sehingga model dan pola abaya konvensional, yaitu lebih longgar dan tertutup. Sedangkan abaya yang diperjual belikan di Uni Emirate Arab, Qatar, Mesir dan sekitarnya terkesan lebih modern dan up to date.

Dengan berkembangnya trend fashion abaya saat ini, maka ketertarikan para muslimah untuk memakai busana syari abaya pun meluas kedaerah diluar semenanjung Arab, seperti Malaysia, Indonesia, dll. Di Indonesia busana Abaya telah mendapatkan tempat di hati wanita muslimah, ditandai dengan semakin banyaknya toko pakaian baik online, maupun offline dan butik yang menjual beraneka ragam model abaya saudi.

Produk | KAINABAYA

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Error occured while retrieving the facebook feed